Materi Kuliah

SIM & PENGAMBILAN KEPUTUSAN

•Keputusan merupakan mekanisme organisasi  untuk melakukan upaya mencapai keadaaan yg diinginkan. Jadi keputusan adalah tanggapan organisasi atas suatu masalah.
Jenis Keputusan Bersadarkan Struktur Organisasi (Kumorotomo & Isbandono, 2001)
•1. Keputusan Administratif
•Keputusan diambil oleh administrator/manajer puncak.
•Bersifat umum & menyeluruh
•Berfungsi sbg landasan kebijakan & keptusan teknis operasional organisasi.
•2. Keputusan Eksekutif
•Keputusan diambil manajer eksekutif shg keputusan terkait dg permasalahan yg lebih teknis ttp belum merupakan keputusan operasional.
•3. Keputusan Operasional
•Keputusan yg diambil oleh manajer operasional dlm rangka pelaksanaan gagasan, arahan & kebijakan manajer di atasnya disesuaikan dg sistem koordinasi yg dikembangkan oleh manajer eksekutif.
Metode Pengambilan Keputusan (Anwar & Oetojo, 2004)
•1. Metode Rasional
•Proses pengambilan keputusan yg lbh menekankan pd pengujian alternatif tindakan berdasarkan fakta/informasi yg jelas & bukan hanya berlandaskan pd dugaan subyektif & dorongan emosional.
•2. Metode Tawar Menawar
•Penyelesaian konflik melalui negosiasi.
•3. Metode Agrigatif
•Metode ini dg menggunakan konsultan & tim-tim staf yg bekerja keras dlm merumuskan kebijakan politik.
•4. Metode Keranjang Sampah
•Metode ini lbh banyak menampilkan karakter dlm pengambilan keputusan pd isu yg bermacam-macam dr peserta pengambilan keputusan & pd masalah yg timbul saat ini.
Tipe Keputusan Manajemen (Frederick H. Wu, 1984)
•1. Keputusan Terprogram
•Keputusan yg sifatnya berulang-ulang & rutin shg dpt diprogram
•2. Keputusan Semi Terprogram
•Keputusan yg sifatnya sebagian dpt diprogram shg masih memerlukan pertimbangan2.
•Keputusan ini biasanya membutuhkan analisis & perhitungan terperinci krn sifatnya rumit.
•Keputusa ini banyak dilakukan manajemen tk. menengah.
•3. Keputusan Tidak Terprogram
•Keputusan yg sifatnya tdk selalu terjadi & tdk berulang-ulang. Keputusanini banyak dilakukan oleh manajemen tk. Atas.
Konsep Pembuatan Keputusan dlm Kerangka SIM (Gorry & Morton dalam Kumorotomo, 2001)
1. Structured Decision System (SDS)
oAdalah serangkaian prosedur & mekanisme dlm rangka akumulasi data, penyimpanan, pengambilan, yg didesain untuk mengkonversi data organisasi menjadi informasi yg sesuai dlm pembuatan keputusan manajerial.
*Data yg dimaksudkan meliputi data ttg klien, fasilitas2, pegawai, penggajian, penyediaan pelayanan, penyimpanan barang2, dll.
* Data disimpan dlm database yg digunakan untul level manajemen operasional, menengah, dan atas, serta untuk staf.
2. Decision Support System (DSS)
oMerupakan sistem komputer yg interaktif yg memiiliki posisi pd model keputusan analitis & dispesialisasikan ke dlm database manajemen yg bs langsung diakses oleh manajer/pimpinan.
oDpt digunakan untuk membantu manajemen di dlm semua level organisasi dg jenis keputusan yg tdk terstruktur & permasalahan2 yg tdk rutin.
namun kedua sistem tersebut terdapat banyak kelemahan, sehingga muncullah sistem baru :
The Interative System Development Cycle/ISDC (Rubin, 1086)
oAdalah gabungan design sistem informasi yg menggabungkan model tradisional dg berbagai kelemahannya (SDS & DSS) dengan model baru yg lebih integratif
oJuga merupakan model siklus sistem informasi yg terus menerus mulai dr perencanaan sistem (seperti observasi thd kebutuhan yg akan menentukan perencanaan sistem informasi) dan analisis kelayakannya bagi user, kemudian pelaksanaan & pemeliharaannya.
oDimungkinkan adanya adaptasi sistem thd perubahan yg tjd krn faktor eksternal & internal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s